Monday, December 24, 2007

UNDANGAN PEMBUKAAN Pameran Tunggal Lukisan Husin

UNDANGAN PEMBUKAAN

Pameran Tunggal Lukisan Husin

Narasi Bunga & Batu

Koleksi Alexander Ming

Jogja Gallery, Jalan Pekapalan No 7, Alun-alun Utara Yogyakarta

Pembukaan Rabu, 26 Desember 2007, pukul 19.00 WIB

Pameran akan dibuka oleh Ibu Hj. Ida Idham Samawi

Husin

Siapa Dia?

Dia seorang perupa, seorang pelukis !

Seseorang yang sejak awal, sewaktu masih tinggal dan sekolah di kota Rantau Prapat, Sumatra Utara telah mengambil sebuah keputusan dan memutuskan bahwa dirinya ingin dan harus menjadi pelukis. Begitulah Husin menetapkan jalan hidupnya, hidup sebagai seniman. Sebuah keputusan telah ditetapkan, dan menjadi pedoman atau kompas arah kehidupannya.

Husin melukis dengan tekun, juga konsisten! Tiada hanya berpikir materi hasil, tetapi berpikir batin untuk melukis, melukis dan melukis. Alexander Ming, dengan kekuatan batin yang teguh, 8 tahun bersama Husin, menemani berbicara, bercurhat, berkeluh kesah, meniupkan semangat, menghembuskan harapan masa depan. Ketekunan dan keteguhan dua sahabat sejati, melahirkan pameran “Narasi Bunga & Batu”. Kekuatan jiwa berujud kelembutan keindahan ‘bunga’ adalah atmosfer pameran ini, melambangkan proses alam hebat yaitu ‘harmoni alam semesta’.

Sekilas, lukisan-lukisan Husin terlihat seperti sebuah pemandangan atau lanskap masa lalu, sekaligus berdiri sebagai sebuah komposisi alam benda. Kebanyakan lukisan-lukisan tersebut terdiri dari berbagai objek: binatang, bunga & pepohonan, benda-benda, figur manusia dan bebatuan. Mereka terlihat sebagian remuk, tumpah ruah dalam satu ruang elips, melayang-layang, dan menyiratkan kegalauan hidup. Tekniknya luar biasa: menyuguhkan detail, proporsi nyata, dan terilhami dengan suasana masa lalu. Betapa yang tak ingin kita perhatikan adalah juga sebuah keindahan yang lain. Lihat, belalang, jangkrik dan juga kutu-kutu. Di tangan Husin dengan kepekaannya telah lahir sebagai sebuah karya seni yang artistic dan kontemporer.

Tentu saja pameran ini tidak menutut kemungkinan adanya apresiasi mengenai makna dan simbolisasi di balik setiap objek yang dimunculkan. Setiap orang berhak mengamati. Tetapi sebelumnya nikmati saja permukaan dan sensualitasnya. Seperti kata pengamat trend postmodern, Francois Burkhardt, “Para konsumer kini mencari sesuatu yang personal, bermain dan menyenangkan pada objek yang mereka beli. Akibatnya, objek harus dimuati kualitas sensual, selain dapat dimengerti, ia juga harus dapat dirasakan.” Inilah sebuah lukisan yang menggubah teknik menjadi persoalan penting dan menarik.

Partner : Malioboro Mall Yogyakarta, Ambarrukmo Plaza, Galeria Mall, PT. Dakota, Gramedia Yogya, Akseri.

Media Partner : Radio Istakalisa,Radio UTY, Truly Jogja, Jogja TV.

Keterangan lain:

Pameran berlangsung hingga 26 Desember 2007 – 19 Januari 2008

Jam buka galeri Selasa – Minggu, 09.00 – 21.00 WIB

Tiket masuk Rp 3.000,-


Jogja Gallery [JG]

Jalan Pekapalan No 7, Alun-alun Utara Yogyakarta 55000 INDONESIA

Tel. +62 274 419999, 412021 - Tel/Fax. +62 274 412023

Tel/SMS. +62 274 7161188, +62 888 696 7227

Email jogjagallery@yahoo.co.id / info@jogja-gallery.com

www.jogja-gallery.com


NUNUK AMBARWATI
[ m ] +62 81 827 7073
[ e+ym ] qnansha@yahoo.com

[ fs ] www.friendster.com/qnansha
[ blog ] http://q-nansha.blogspot.com

No comments: